Tujuh Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dapur

Beragam bumbu masak atau bahan makanan yang memiliki wangi menyengat, sering membuat dapur Anda bau. Tak jarang bau tersebut menguar ke ruangan lain di rumah.

dapur pantry bersih - anto erawan - rumahhokie - dok - casa grande - kota kasablanka (167)
Dapur yang bersih dan terawat tentu bebas aroma tak sedap (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai tempat memasak, dapur kerap menghasilkan aroma tak sedap dari sisa-sisa bahan makanan. Beragam bumbu masak atau bahan makanan hewani yang umumnya memiliki wangi khas dan menyengat, sering membuat dapur Anda bau. Tak hanya itu, bau dapur pun bisa menguar ke ruangan lain di rumah.

Baca Juga: Ruangan Bau Rokok dan Asap Masakan? Ini Cara Menghilangkannya

Guna menghilangkan aroma tak sedap dari dapur, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan.

Bersihkan Peralatan Memasak
Peralatan memasak yang kotor menghasilkan bau yang tak enak. Jangan lupa selalu membersihkan peralatan memasak sesudah digunakan. Rendam peralatan yang terbuat dari kayu dengan air panas, agar sisa ikan atau daging keluar dari celah-celahnya.

Selalu Membuang Sampah
Sampah sisa bahan makanan pasti menghasilkan bau tak sedap bisa tak segera dibuang. Untuk membuangnya, Anda dapat memisahkan antara sampah kering dan sampah basah.

Baca Juga: Ingin Tampilan Dapur Anda Lebih Memikat, Ini Dia Tipsnya

Sampah kering umumnya tidak memiliki bau yang menguar, sehingga bisa Anda buang setelah tong sampah penuh. Sebaliknya, sampah basah sisa bahan makanan yang memiliki bau yang kuat sebaiknya langsung dibuang. Jangan lupa semprotkan cairan antihama di sekitar pembuangan sampah sisa makanan agar tak mengundang hewan pengerat.

Hilangkan Bau Wastafel dengan Baking Soda
Wastafel merupakan bagian dapur yang sering terabaikan kebersihannya. Selain bagian luar wastafel, saluran pembuangan pun harus diperhatikan.

Untuk membersihkan bagian luar wastafel cukup dengan sabun pencuci piring. Namun, bau sering terjadi saat saluran pembuangan mampat.

Baca Juga: Chef Rinrin Marinka: Suka Desain Dapur yang Natural

Untuk itu, tuang satu sendok makan baking soda ke dalam saluran pembuangan wastafel. Diamkan beberapa jam hingga baking soda menghancurkan sisa makanan, kemudian bilas dengan air panas.

Hilangan Bau Amis dengan Cuka
Masukkan 10 tetes cuka ke dalam setengah gelas air, lalu letakkan di sudut dapur. Cuka akan menyerap bau amis setelah selesai memasak ikan. Jika Anda ingin bau amis cepat hilang, tempatkan beberapa gelas racikan air-cuka di dapur Anda.

Aroma Wangi Kayu Manis
Untuk menghilangkan aroma bumbu atau ikan, gunakan kayu manis. Caranya, ambil beberapa potong kayu manis lalu panggang di atas wajan tanpa minyak. Biarkan aromanya yang tajam dan wangi menguar memenuhi ruangan.

Baca Juga: Cara Pintar Dalam Menata Dapur yang Kecil Agar Terkesan Luas

Rebusan Lemon dan Mint
Iris beberapa buah lemon, lalu rebus di dalam panci. Setelah air mendidih, buka tutup panci sehingga uap air menyebar dan menghilangkan bau tak sedap di dapur. Air rebusan lemon pun masih bisa dikonsumsi atau digunakan untuk mencuci peralatan masak. Cara yang sama juga bisa Anda lakukan dengan merebus daun mint.

Rebusan Kopi Hilangkan Bau Amis
Anda pecinta kopi? Wanginya menggoda bukan? Selain asyik dikonsumsi, kopi juga mujarab untuk menghilangkan bau membandel. Untuk menghilangkan bau amis di wajan, Anda bisa menggunakan merebus satu sendok makan kopi dengan satu gelas air. Aduk-aduk sebentar, dan bau amis di wajan pun akan lenyap.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda