Tips Menghilangkan Jamur yang Menempel Pada Furnitur Kayu

Perabot furnitur yang ditumbuhi jamur akan ditandai dengan kehadiran bercak putih selaiknya bedak di beberapa bagian permukaan dan serat kayu.

Tips Membersihkan Furniture yang Berjamur
(Foto: social blend)

RumahHokie.com (Jakarta) – Jamur pada furnitur kayu merupakan permasalahan yang umumnya terjadi di hunian wilayah tropis. Cuaca yang lembab di dalam rumah serta kurangnya perawatan pada perabot akan mengakibatkan furnitur ditumbuhi oleh kotoran dan jamur.

Perabot furnitur yang ditumbuhi jamur akan ditandai dengan kehadiran bercak putih selaiknya bedak di beberapa bagian permukaan dan serat kayu.

Apabila Anda menemukan furnitur dalam kondisi tersebut, jangan khawatir. Sebelum jamur semakin meluas cobalah untuk segera mengatasinya dengan cara membersihkan furnitur itu di rumah.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Material Kayu Solid untuk Furnitur

Lantas bagaimana caranya untuk membersihkan furnitur kayu yang berjamur di rumah? Simaklah tips berikut ini.

Bersihkan menggunakan alkohol 70-80%
Untuk menghilangkan jamur yang menempel pada permukaan perabotan kayu, gunakanlah alkohol yang memiliki kadar 70-80%.

Caranya, ambil selembar kain kering. Setalah dicelupkan ke alkohol, gunakan kain tersebut untuk mengelap furnitur yang berjamur. Ulangi cara tersebut hingga jamur benar-benar rontok dari permukaan furnitur.

Baca Juga: Terjun ke Bisnis Home Decor, Drew Barrymore Luncurkan Rangkaian Furnitur Cantik

Langkah tersebut terbukti efektif untuk membasmi jamur yang tidak seberapa meluas perkembangannya.

Bersihkan furnitur dengan lap yang dibasahi air
Apabila kotoran jamur sudah menyebar luas, cobalah Hokie People gunakan lap yang sudah dibasahi air. Kemudian, lap perabot tersebut dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan alkohol. Melalui cara tersebut perabotan akan jadi terbebas dari pertumbuhan jamur.

Cegah sebelum furnitur berjamur
Nah, sebagai langkah antisipasi sebelum furnitur berjamur sebaiknya Hokie People selalu membersihkan perabot interior yang terbuat dari material kayu di hunian. Anda dapat memulai perawatan furnitur dengan menggunakan alat penyerap bau dan juga penyerap kelembaban.

Baca Juga: Ingin Gunakan Custom Furniture? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk menjaga furnitur tetap kering dan mencegah bertumbuhnya jamur, disarankan pula untuk sesekali menjemur perabotan secara berkala di area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Menjaga ruangan agar tetap kering dan tidak lembab dengan membiarkan cahaya matahari masuk, bisa juga menghindari furnitur kesayangan menjadi berjamur.

Usahakan untuk tidak menempelkan perabot kayu langsung ke dinding yang lembab agar tidak menjadi penyebab bertumbuhnya jamur.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda