Tips Menghilangkan Kerak yang Menempel pada Shower Kamar Mandi

Seiring dengan pemakaiannya shower di kamar mandi, akan timbul kerak yang terkadang sulit dibersihkan. Kerak yang menempel pada lubang shower akan menyumbat aliran air yang keluar.

Tips Menghilangkan Kerak yang Menempel pada Shower Kamar Mandi
(Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Shower merupakan salah satu perangkat utama di kamar mandi. Jika dibandingkan dengan bak air, penggunaan shower dinilai lebih sehat dan baik. Karena air tidak tertampung lama di bak, sehingga tidak ada lumut dan tidak dihuni oleh jentik-jentik nyamuk.

Seiring dengan pemakaiannya shower, akan timbul kerak yang terkadang sulit dibersihkan. Kerak yang menempel pada lubang shower akan menyumbat aliran air yang keluar. Oleh karenanya, perlu dilakukan perawatan secara berkala pada perangkat tersebut.

Lalu bagaimana jika shower telah tersumbat kerak? Berikut ini tips untuk membersihkannya, agar perangkat di kamar mandi tersebut kembali berfungsi maksimal dan kinclong.

Baca Juga: 5 Trik dalam Memilih Shower yang Tepat Untuk Kamar Mandi

Bersihkan menggunakan sikat
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan shower dengan menggunakan sikat. Bersihkan bagian nosel (lubang-lubang air), sambil dipijat dengan ujung jari. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian filternya. Filter adalah bagian yang berfungsi untuk menyaring air yang masih kotor. Biasanya filter terletak di antara kepala shower dengan pipa air.

Gunakan cuka
Jika dengan menyikat saja dirasa belum menghilangkan kerak dengan bersih, Anda bisa mencoba untuk membersihkannya dengan menggunakan cuka. Caranya, langkah pertama masukkan cuka ke dalam plastik yang besar.

Langkah kedua, ikatkan plastik tersebut ke kepala shower. Langkah ketiga, pastikan ikatannya rapat. Kemudian, biarkan selama 1-2 jam agar cuka meresap dan mengikis kotoran pada nosel. Lalu, bersihkan dengan lap bersih.

Baca Juga: Kamar Mandi Transparan yang Hadirkan Area ‘Tak Berbatas’

Coba bersihkan dengan campuran soda dan perasan jeruk lemon
Selain cuka, cairan yang bisa digunakan adalah baking soda dan perasan jeruk lemon yang dilarutkan dengan air bersih. Untuk membersihkannya, Anda bisa mulai dengan melepas kepala shower.

Putarlah secara berlawanan arah jarum jam sampai kepala shower terlepas. Siapkan campuran soda, jeruk lemon dan air pada panci besar yang cukup untuk merendam kepala shower tersebut. Lalu, masukkan kepala shower hingga terendam. Bersihkan kerak yang mulai mengelupas dengan sikat. Rendam dan bilas dengan air bersih. Kemudian, pasang kembali ke pipa shower.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda