Tips Menghilangkan Noda di Meja Kayu Jati dengan Mudah

Perpaduan guratan serat dan warna alaminya, membuat material kayu jati bisa menghadirkan nuansa natural pada interior hunian.

Tips Membersihkan Meja Kayu Jati-RumahHokie.com-tvperiscope
(Foto: tvperiscope)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai salah satu jenis material yang sering digunakan untuk bahan baku pembuatan beragam furnitur, kayu jati dikenal memiliki tampilan yang indah dan natural.

Perpaduan guratan serat dan warna alaminya, membuat material kayu jati bisa menghadirkan nuansa natural pada interior hunian.

Selain penampilannya yang unik, kayu jati juga dikenal masyarakat luas memiliki sejumlah kelebihan apabila dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Diantaranya kokoh, tidak mudah dimakan rayap, dan mudah merawatnya.

Maka tak salah jika banyak orang memilih material kayu jati untuk digunakan pada struktur bangunan maupun produk furnitur, seperi meja makan.

Baca Juga : Wow, Ternyata Akar Jati Bisa Disulap Jadi Furnitur Fungsional

Walaupun dikenal mudah dalam hal perawatan, tetap saja material jenis ini membutuhkan treatment agar tidak mengubah keindahan tampilannya.

Apalagi jika kayu jati dibentuk menjadi meja makan yang rentan terkena berbagai jenis noda dan kotoran. Berikut ini adalah beberapa tips membersihkan noda pada permukaan meja kayu jati.

1. Segera bersihkan
Segera bersihkan bagian permukaan meja yang terkena noda cairan dengan menggunakan lap kering, hingga noda atau kotoran di permukaan meja benar-benar kering. Karena, jika noda sudah terlalu lama menempel, akan sulit ketika membersihkannya.

Baca Juga : Keren! Rancangan Furnitur Surealis Ini Bisa Multifungsi

2. Gunakan air sabun pencuci piring
Jika noda yang melekat berupa cairan soda atau minyak, usap permukaan meja kayu jati yang terkena noda menggunakan  yang telah dicelupkan air sabun pencuci piring. Kemudian keringkan dengan kain kering hingga noda hilang.

Namun jika noda sudah terlanjur mengering dan meninggalkan bekas, Anda bisa membersihkannya dengan cara mengikir halus permukaan meja menggunakan kaca tumpul secara perlahan, lalu usap dengan kain basah dan keringkan.

3. Berikan pelitur secara rutin
Agar tampilan meja makan kayu jati Anda selalu tampil kinclong, lakukan perawatan secara berkala dengan memberikan cairan pelitur. Dengan cara seperti itu, akan membuat permukaan kayu tetap mengilap dan tampilan naturalnya tidak akan luntur termakan usia.

Selamat mencoba!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda