Tips Menjaga Hunian Tetap Bersih Walau Memelihara Hewan Kesayangan

Hadirnya hewan peliharaan di rumah, seperti kucing ataupun anjing dianggap dapat mengurangi tingkat stress dan kesepian bagi pemilik hunian.

tips memelihara hewan di rumah, tips menjaga rumah tetap bersih meski terdapat hewan peliharaan, pelihara kucing di rumah
Ilustrasi hewan peliharaan di rumah. (Foto: provoke)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagi penyayang binatang, memiliki hewan peliharaan di rumah mendatangkan kesenangan tersendiri.

Hadirnya hewan peliharaan yang bersahabat, seperti kucing ataupun anjing dianggap dapat mengurangi tingkat stress dan kesepian bagi pemilik hunian.

Meski demikian, punya hewan peliharaan di hunian harus mengeluarkan ekstra biaya untuk makan dan pemeliharaan kesehatannya.

Baca Juga: Tips Membersihkan Kotoran Hewan di Rumah dengan Mudah

Disamping itu, mereka juga harus bersiap-siap merelakan tenaga ekstra untuk membersihkan hunian yang sering kali akan berantakan dan kotor karena hewan peliharaan kesayangannya.

Mulai dari kotoran bulu kucing yang rontok dan menempel di sofa hingga kotoran yang berada di sekitar lingkungan rumah.

Berikut ini tips agar hunian Anda tetap bersih walaupun tetap memelihara hewan kesayangan yang kami kutip dari Femina.

Memastikan hewan peliharaan tetap bersih
Sebagai binatang rumahan, kucing memiliki hobi bermain di dalam ruangan. Binatang menggemaskan itu juga gemar menghangatkan diri di atas sofa atau tempat tidur.

Baca Juga: Belum Tahu Mau Kemana Akhir Pekan Ini? Yuk, Nongkrong di Kafe Bertema Kucing!

Oleh karena itu, pastikanlah hewan peliharaan Anda tetap bersih dengan memandikannya secara rutin.

Kemudian, bersihkan pula telapak kakinya serta tidak memberikan makanan secara sembarangan, agar bulunya tak mudah rontok. Langkah tersebut dilakukan sebagai cara dan tips, agar hunian tetap bersih meski ada kucing di rumah.

Lakban untuk bersihkan bulu yang menempel
Bulu kucing ataupun bulu anjing seringkali rontok dan menempel di sofa, kursi ataupun karpet di rumah, sehingga membuat ruangan menjadi kotor.

Baca Juga: Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Secara Aman Saat Mudik Lebaran

Bulu hewan peliharaan yang menempel di sofa juga tidak baik untuk kesehatan penghuni. Nah untuk membersihkannya, gunakanlah lakban atau selotip berukuran besar, sehingga bulu hewan peliharaan akan terangkat dengan sempurna.

Hadirkan area khusus untuk hewan peliharaan
Agar memudahkan Hokie People dalam membersihkan rumah, hendaknya menghadirkan area khusus bagi hewan peliharaan.

Misalnya Anda bisa mengubah kandang kucing untuk menjadi tempat tidur yang nyaman dengan memberikan alas tebal dan bantal kecil tak terpakai.

Baca Juga: Anda Suka Kucing? Ini Tipsnya Membuat ‘Rumah’ untuk Mereka

Cara ini akan membuat Anda hanya perlu berfokus untuk membersihkan tempat khusus hewan peliharaan tersebut.

Buat aroma ruangan tetap harum
Bau tidak sedap seringkali tercium ketika Anda memelihara kucing atau anjing. Kondisi ini tentu akan mengganggu kenyamanan semua anggota keluarga.

Maka dari itu, usahakan untuk menghadirkan aroma ruangan tetap harum. Caranya, bisa dengan menggunakan pewangi ruangan atau aroma terapi yang menyegarkan dan dipasang di sudut ruangan.

Latih hewan peliharaan
Kucing ataupun anjing dikenal sebagai hewan yang cerdas bila dilatih terus-menerus. Nah, agar tidak membuang kotoran sembarangan, latihlah hewan peliharaan untuk buang air di tempat khusus yang telah disediakan. Langkah ini akan meminimalisir hunian menjadi kotor.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda