Tips Menyelenggarakan Pesta Pernikahan di Rumah

Persiapan pesta pernikahan di rumah memang lebih merepotkan dibanding di gedung. Namun jika dilakukan dengan benar, pesta pernikahan di rumah bisa menjadi pengalaman yang luar biasa.

pelaminan-pesta-pernikahan-di-rumah-gedung-rumahhokie-dok
Pelaminan di pesta pernikahan (Foto: Dok. RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Mengadakan pesta pernikahan di rumah banyak dipilih sebagian pasangan pengantin lantaran dinilai lebih personal, sekaligus lebih hemat biaya. Persiapannya memang lebih merepotkan—sekaligus mengundang stres—dibanding pesta pernikahan di gedung, namun jika dilakukan dengan benar, pesta pernikahan di rumah bisa menjadi pengalaman yang luar biasa.

Baca Juga: Tips Lengkap Buat Pengantin Baru yang Ingin Punya Rumah

Di samping biaya, ruang (space) harus cukup untuk prosesi acara, menampung tetamu, sekaligus parkir kendaraan para tamu. Berikut beberapa kiat untuk menyelenggarakan pernikahan di rumah:

Sesuaikan Konsep dengan Lokasi Pesta
Pesta pernikahan di rumah biasanya tak lepas dari konsep tradisional. Namun, jika Anda ingin menggunakan konsep lain, sesuaikan dengan lokasi atau venue pesta tersebut.

Misalnya, bila rumah berada di tepi pantai, pertimbangkan pesta semi formal—bisa juga tanpa alas kaki—serta hiasan khas seperti perahu atau tiang-tiang obor.

Baca Juga: Tips Feng Shui Agar Jomblo Bisa Cepat Mendapat Jodoh

Bila pernikahan diselenggarakan di rumah megah, konsep mewah bisa diaplikasikan, sementara di hunian sederhana, bisa memakai dekorasi yang simpel, namun berkesan.

Sewa Jasa Perencana Pernikahan
Pesta pernikahan di rumah adalah pekerjaan yang sangat merepotkan. Anda harus mencari penyedia jasa katering, tenda, serta musisi pengisi acara. Untuk mengurangi stres, ada baiknya Anda menyewa jasa wedding planner. Kendati demikian, tentu Anda harus mengeluarkan bujet ekstra.

Bersiaplah untuk Cuaca Buruk
Jika Anda berencana membuat resepsi di luar ruangan (outdoor), bersiaplah terhadap hal terburuk. Tenda besar dapat memberikan kenyamanan dan perlindungan terhadap hujan. Tetapi hal itu tergantung pada besarnya pesta pernikahan. Bila pesta besar, tenda mungkin tidak cukup, sehingga Anda mungkin perlu menyediakan ruangan di rumah Anda.

Baca Juga: Tips Feng Shui: Rumah Ideal Bagi Pasangan Muda

Faktor Tetangga
Pastikan Anda memberi tahu tetangga bahwa Anda akan mengadakan pernikahan. Usahakan acara Anda tidak mengganggu ketenteraman tetangga. Bila Anda akrab dengan tetangga, bisa juga Anda meminjam halaman tetangga sebagai area parkir.

Jangan Lupa Perizinan
Pesta pernikahan yang mengundang tamu, umumnya mendatangkan keramaian—bahkan kebisingan. Untuk itu, urus perizinan kepada para pejabat di lingkungan Anda sebelum menyelenggarakan pesta. Di beberapa tempat, penyelenggara juga perlu mengurus izin keramaian di kepolisian.

Baca Juga: Putrinya Menikah, Bapak Kaya Ini Bangun 90 Rumah Untuk Tuna Wisma

Toilet Portabel
Secara umum, setiap 35 orang tamu harus disediakan setidaknya satu toilet. Tidak semua rumah mampu menyediakan fasilitas ini. Untuk itu, ada baiknya Anda menyewa jasa toilet portabel.

Fasilitas buang hajat ini tersedia mulai dari yang sederhana, hingga yang dilengkapi dengan AC, air panas, wastafel, lampu, dan cermin.

Transportasi
Satu hal yang penting pertimbangan adalah bagaimana para tamu sampai di lokasi resepsi. Bila memungkinkan, mempertimbangkan kendaraan antar-jemput dari lokasi strategis.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda