Tips Merancang Dekorasi Pantry Pada Area Dapur di Rumah

Fungsi utama dari panty adalah untuk untuk menyimpan berbagai peralatan memasak dan beragam jenis bahan makanan di dapur.

Tips mendesain pantry dapur
(Foto: Pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) -Seiring dengan perkembangan desain pada hunian, kehadiran pantry menjadi salah satu bagian yang dipertimbangkan saat membangun rumah. Banyak orang ingin memiliki dapur kering ini, karena fungsinya yang dianggap dapat melengkapi kebutuhan dalam kegiatan memasak.

Istilah pantry berasal dari kata Perancis, yakni paneterie. Di negara asalnya, fungsi utama dari pantry adalah untuk untuk menyimpan berbagai peralatan memasak dan beragam jenis bahan makanan. Oleh karena itu, pantry selalu dilengkapi dengan lemari penyimpanan dan kabinet.

Sedangkan di Indonesia sendiri, pantry dimanfaatkan juga sebagai area menyajikan makanan dan minuman ringan.

Baca Juga: Cara Membangun Dapur Impian dengan Dana yang Terbatas

Umumnya, bagian tersebut akan dibuat tak terlalu luas dan letaknya dipadukan dengan dapur basah, sehingga diperlukan trik khusus agar area dapur tak terlihat berantakan. Berikut ini tips untuk mengatur barang-barang dan dekorasi pantry.

Gunakan cat warna netral
Ukuran pantry yang tak terlalu besar, haruslah disiasati dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan cat yang berwarna netral, misalnya putih, abu atau krem. Skema warna tersebut mampu memberikan efek psikoligis yang terkesan luas dan terang.

Manfaatkan setiap jengkal area Pantry
Keterbatasan luasan pantry juga bisa disiasati dengan memanfaatkan setiap jengkal area pantry. Misalnya saja bagian pintu dari lemari kabinet penyimpanan.

Baca Juga: 5 Ide Kreatif Storage Dapur yang Bisa Anda Contoh

Ruangan vertikal itu bisa Anda pasangi dengan berbagai gantungan atau rak untuk menyimpan berbagai makanan dan peralatan.

Aplikasikan rak gantung
Jika pantry memiliki luasan yang terbatas, sebagai solusinya Anda dapat mengintalasi rak- rak gantung. Letakkan perabotan memasak yang jarang digunakan pada rak dinding paling atas.

Aplikasikan rak gantung
Jika pantry memiliki luasan yang terbatas, sebagai solusinya Anda dapat mengintalasi rak- rak gantung. Letakkan perabotan memasak yang jarang digunakan pada rak dinding paling atas. Sedangkan, untuk bahan-bahan makanan, taruh pada rak yang lebih rendah.

Baca Juga: Cara Membersihkan Peralatan Dapur Berbahan Stainless Steel

Pakai kontainer transparan
Untuk mengoptimalkan dari keberadaan pantry di rumah, Anda juga perlu memperhatikan
media penyimpanan makanannya. Dianjurkan untuk memilih kontainer transparan. Hal itu akan memudahkan Anda dalam mencari bahan makan yang dibutuhkan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda