Tips Merancang Garasi Rumah Agar Kendaraan Kesayangan Aman

Dengan fungsinya sebagai tempat meletakkan mobil atau motor, maka garasi rumah harus dirancang dan dibangun dengan memperhatikan aspek keamanan serta kenyamanan.

tips membuat garasi rumah, garasi rumah, desain garasi
(Foto: marketrumah.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor, garasi rumah menjadi salah satu area wajib untuk dihadirkan di dalam hunian.

Dengan fungsinya sebagai tempat meletakkan mobil atau motor, maka area itu harus dirancang dan dibangun dengan memperhatikan aspek keamanan serta kenyamanan.

Lantas, faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan membuat garasi rumah? Dilansir dari Rooang, ini dia tips merancang garasi hunian yang aman untuk menyimpan kendaraan milik Anda.

Ukur sesuai kebutuhan kendaraan
Untuk membuat garasi yang sesuai kebutuhan, langkah pertama Anda perlu menyesuaikannya dengan ukuran dimensi kendaraan.

Baca Juga: Memaksimalkan Fungsi Ruang di Garasi dengan Built In Storage

Hitunglah jumlah kendaraan yang akan diletakkan di area tersebut. Langkah ini merupakan salah satu poin penting untuk membuat garasi bisa menampung dengan baik kendaraan mobil atau motor milik Anda.

Pilih material lantai dan atap berkualitas
Setelah mendapatkan ukuran garasi yang sesuai kebutuhan, kini saatnya Anda memilih material bangunan dengan kualitas baik. Contohnya, disarankan untuk tidak memilih material penutup lantai garasi berbahan licin. Karena hal tersebut akan membahayakan.

Pilihlah penutup lantai yang memiliki tekstur agak kasar, untuk mencegah kendaraan slip atau terpeleset. Pun demikian juga dengan bahan yang akan digunakan untuk atap garasi. Hindari menggunakan material yang mudah rapuh.

Baca Juga: Tips Memperbaiki Nat Keramik Lantai Rumah yang Rusak

Gunakan material pintu yang kokoh
Faktor keamanan harus sangat diperhatikan ketika Anda mendesain sebuah garasi hunian. Maka, gunakanlah material pintu yang kuat, tebal dan tidak mudah dirusak.

Hokie People bisa memilih pintu dengan model, warna dan gaya yang paling tepat dan sesuai dengan gaya arsitektur rumah secara keseluruhan.

Baca Juga: Warna Pintu Ternyata Ungkap Karakter Pemilik Rumah Lho!

Di pasaran, terdapat pintu garasi dengan model rolling door, pintu besi yang bisa dibuka ke samping ataupun pintu yang diakses dengan cara dilipat.

Pilih jenis kunci yang kokoh dan aman
Selain material pintu, pemilihan kunci juga sama pentingnya. Anda pun perlu memilih jenis kunci garasi yang kokoh dan aman. Meski berada di dalam area rumah, akan tetapi pintu garasi sebaiknya diberi kunci tambahan yang tidak mudah dirusak, agar lebih aman dan terhindar dari kejahatan yang tak diinginkan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda