Tips Merancang Kamar Mandi di Area Bawah Tangga

Desain kamar mandi di bawah tangga akan sangat berguna bagi rumah minimalis. Hal itu disebabkan pemilik hunian dapat memanfaatkan ketersediaan ruang yang terbatas, secara semaksimal mungkin.

Kamar mandi di bawah tangga, tips merancang kamar mandi, kamar mandi, desain tangga rumah
(Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Area di bawah anak tangga acap kali menjadi bagian yang kurang diperhatikan penggunaannya. Padahal pemilik rumah dapat memanfaatkan area itu menjadi kamar mandi di bawah anak tangga.

Tentunya, desain kamar mandi di bawah tangga akan sangat berguna bagi rumah minimalis. Hal itu disebabkan pemilik hunian dapat memanfaatkan ketersediaan ruang yang terbatas, secara semaksimal mungkin.

Sebelum mewujudkannya, cobalah untuk merancang desain kamar mandi dengan memperhatikan tips berikut ini, ya Hokie People!

Perhatikan pencahayaan dan ventilasi
Salah satu hambatan dari dibuatnya kamar mandi yang berada di area bawah tangga adalah keterbatasan pencahayaan dan ventilasi udara.

Baca Juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Ketika Berencana Membangun Kamar Mandi

Kamar mandi menjadi lebih rawan lembap dan sedikit udara segar yang masuk. Oleh karena itu, pemilik rumah harus memperhatikan detail dari pencahayaan dan sirkulasi udara.

Misalnya, dengan membuat jendela kecil dengan kisi-kisi pelindung menghadap ke sisi luar rumah, sehingga udara serta cahaya matahari tetap bisa masuk ke dalam kamar mandi.

Cerdik meletakkan perabot kamar mandi
Umumnya, area di bawah tangga memiliki ukuran tidak terlalu besar serta memiliki ketinggian plafon yang tidak sama. Untuk menyiasati hal tersebut, maka peletakkan perabot kamar mandi harus dilakukan secerdik mungkin.

Baca Juga: Ini Dia Hasil Survei Tentang Kamar Mandi Impian Masyarakat Indonesia

Pemilik hunian dapat menempatkan kloset pada bagian plafon yang rendah. Sedangkan, wastafel dipasang pada bagian ceiling yang lebih tinggi. Dengan cara itu, Hokie People bisa menggunakan kamar mandi dengan nyaman, tanpa terbentur plafon.

Biasanya, kamar mandi di area bawah tangga disediakan untuk tamu yang ingin buang air atau cuci tangan saja, sehingga tidak perlu meletakkan perabot sanitary yang lengkap, seperti shower atau pun bathtub.

Baca Juga: Tips Memperbaiki Kebocoran pada Bak Kamar Mandi

Rancang plafon sesuai kebutuhan
Letaknya yang di bawah tangga, membuat ketinggian ruang kamar mandi, menjadi terbatas. Nah, agar kamar mandi bisa digunakan secara nyaman, salah satu yang wajib diperhatikan adalah ketinggian plafon-nya.

Usahakan untuk merancang plafon ruangan dengan ketinggian 2 meter lebih, sehingga pengguna kamar mandi tidak terbentur atau harus membungkuk saat berada di dalamnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda