Tips Merawat Furnitur Kayu di Kala Musim Hujan Melanda

Ketika musim hujan tiba furnitur kayu akan mengalami susut-muai, karena diakibatkan perubahan suhu hangat menjadi suhu dingin.

tips merawat furnitur kayu di musim hujan
Ilustrasi merawat furnitur bermaterialkan kayu di musim hujan. (Foto: indojatifurniture)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bergantinya musim kemarau menjadi musim hujan tidak saja berdampak pada ‘kesehatan bangunan’. Akan tetapi juga membawa pengaruh terhadap perabot, terutama furnitur berbahan kayu.

Pada umumnya, ketika musim hujan tiba furnitur kayu akan mengalami susut-muai, karena terjadinya perubahan suhu hangat menjadi suhu dingin.

Oleh karena itu, diperlukan perawatan berkala pada perabot kesayangan Anda, agar furnitur kayu tetap awet ketika musim penghujan.

Baca Juga: Tips Mengatur Furnitur di Ruang Tamu untuk Berikan Dekorasi Terbaik

Berikut ini tips untuk merawat furnitur kayu kala musim hujan melanda.

Atur kelembapan di ruangan
Di saat intensitas curah hujan tinggi, suhu ruangan menjadi lebih dingin dan lembab. Kondisi lembab tidak hanya akan berdampak pada dinding rumah berjamur, namun juga turut pula memengaruhi furnitur.

Permukaan dinding sendiri memiliki kecenderungan untuk ‘menulari’ kelembapan, yang bisa memperburuk permukaan furnitur kayu Anda.

Untuk mengantisipasinya, Hokie People bisa memberi jarak antara sofa, kursi, atau lemari pakaian sejauh 15 cm, dengan dinding interior.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Pintu Rumah Memuai Saat Musim Hujan? Ini Solusinya

Cara lainnya, Anda bisa membuka jendela rumah dan biarkan cahaya matahari untuk masuk sejenak. Dengan melakukan langkah tersebut akan mengurangi tingkat kelembaban di dalam hunian Anda.

Atasi dengan kamper
Nah, apabila kelembapan ruangan terasa tinggi, Anda bisa mengatasinya dengan kamper atau silica gel untuk menyerap kelembapan di saat musim hujan.

Penggunaan kamper atau silica gel juga bisa menjadi pengharum ruangan serta melindungi pakaian dan lemari dari rayap.

Jangan dilap dengan kain basah
Ada kalanya untuk membersihkan debu yang menempel di furnitur, Anda menggunakan cara mengelapnya dengan kain basah.

Baca Juga: Potensi Industri Furnitur Indonesia Masih Bisa Bertumbuh di Pasar Global

Namun, pada saat ruangan lembap, hindari membersihkannya dengan kain basah. Disarankan untuk mengunakan kain berbahan fabric yang kering dan bersih.

Hal yang perlu diperhatikan pula adalah, jangan membiarkan debu berlama-lama menempel ketika ruangan lembap, karena dapat membekas dan cenderung susah dibersihkan.

Gunakan alat penjaga kelembapan ruangan
Langkah terakhir untuk memelihar furnitur kayu disaat musim hujan adalah dengan menggunakan alat penjaga kelembapan ruangan (humidifier).

Alat tersebut dapat mengontrol tingkat kelembapan ruangan, sehingga membantu furnitur kayu tidak berjamur.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda