Tips Merawat Furnitur Vintage ‘Warisan’ Agar Selalu Awet

Modelnya yang unik dan tak lekang oleh waktu membuat, furnitur bergaya vintage kembali diminati oleh berbagai kalangan. Akan tetapi banyak orang yang bingung bagaimana agar perabot kesayangannya tersebut tetap terpelihara dengan baik.

vintage bedroom furniture Elegant-rumahhokie.com
(Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Furnitur dengan desain vintage atau retro kembali menjadi tren yang digemari saat ini. Banyak kalangan menilai kehadiran perabotan yang memiliki gaya itu akan menambah karakter unik pada ruangan di rumah.

Saat ini memang banyak kursi, meja ataupun lemari storage baru yang dirancang dengan gaya retro. Namun ada pula, perabot vintage yang digunakan oleh pemilik rumah secara turun-temurun.

Furnitur vintage ‘warisan’ itu tentunya harus dijaga dan dirawat. Karena, biasanya banyak cerita menarik yang menyertainya.

Baca Juga : Ide Dekorasi Interior Rumah Bergaya Vintage yang Bikin Rindu Masa Lalu

Ketika mendapatkan ‘warisan’ tersebut, tentu timbul pertanyaan bagaimana cara menjaga perabot kesayangan dengan cara yang benar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips merawat furnitur vintage berbahan dasar kayu.

Bersihkan menggunakan minyak lemon
Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat furnitur vintage yang terbuat dari kayu adalah minyak lemon. Beri lapisan minyak pada permukaan kayu secara merata.

Diamkan beberapa saat. Kemudian lap dengan menggunakan kain lembut untuk membersihkan debu serta kotoran yang menempel.

Selalu memperlakukannya dengan lembut
Selaiknya harta berharga, tentu memperlakukan perabotan warisan dari sang nenek tak boleh sembarangan.

Saat mencoba memindahkan dari sisi satu ke sisi yang lain, perlakukan lah secara lembut. Jangan sampai penanganan yang salah membuat furnitur Anda menjadi
tergores atau bahkan patah.

Baca Juga : Langkah ‘Mendandani’ Kursi Lama Anda Agar Tampil Indah Kembali

Bersihkan bagian kain pelapis (fabric) dengan cairan pembersih khusus
Selain bagian material kayu, yang perlu menjadi perhatian pula ketika merawat furnitur vintage, terutama kursi adalah bagian kain pelapis (fabric).

Lakukan pembersihan secara berkala pada bagian kain dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Karena, biasanya bagian kain rentan terkena berbagai macam noda.

Jauhi furnitur kayu dari pengaruh cuaca
Perlu diingat bahwa kayu dapat mudah rusak akibat paparan cuaca yang ekstrem. Entah itu kelembaban tinggi, kelembaban rendah, panas yang ekstrim atau cuaca dingin.

Oleh karena itu, jagalah selalu furnitur kayu kesayangan Anda dengan cara menempatkannya pada sisi yang tepat. Contohnya di dalam rumah dan jauhi pengaruh dari terik matahari dan paparan air hujan secara langsung.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda