Tips Merencanakan Anggaran Pembangunan Rumah Secara Efisien

Seperti halnya renovasi rumah, diperlukan strategi tertentu yang dijalankan sejak tahap perencanaan, agar biaya pembangunan rumah tidak membengkak dan tepat sasaran.

Tips Menekan biaya pembangunan rumah
(Foto: dofo)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memiliki rumah yang dirancang sesuai keingan dan kebutuhan merupakan impian banyak orang. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan membangun sendiri hunian dari awal.

Apabila Hokie People telah memiliki sebidang tanah yang akan dijadikan lokasi hunian, kini saatnya menghitung-hitung besaran anggaran dan biaya untuk pembangunan rumah sesuai dengan keinginan Anda.

Seperti halnya renovasi rumah, diperlukan strategi tertentu yang dijalankan sejak tahap perencanaan, agar biaya pembangunan rumah tidak membengkak dan tepat sasaran.

Baca Juga: Begini Tips Menggambar Denah Rumah Minimalis dengan Mudah

Berikut ini tips dalam merencanakan pembangunan rumah, sehingga anggaran biaya bisa tepat sasaran dan efisien.

Buat rencana secara terperinci
Strategi pembangunan rumah pertama yang bisa Hokie People jalankan adalah membuat perencanaan secara jelas dan terperinci.

Perencanaan ini meliputi ukuran hunian yang akan dibangun, desain rumah, material bangunan yang digunakan,anggaran jasa tukang bangunan hingga biaya perizinan pembangunan.

Dengan cara tersebut, Anda dapat menghindari pemborosan biaya dan eksekusi pembangunannya akan sesuai perencanaan.

Lakukan perbandingan harga material bangunan
Seiring waktu, harga material bangunan rumah semakin melonjak. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk melakukan perbandingan harga material bangunan di beberapa toko-toko bahan bangunan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Baca Juga: Daftar Harga Material Bangunan Terbaru Bulan Ini

Carilah toko material yang lebih murah dan bisa dipercaya. Dengan begitu, bisa menghemat anggaran pembangunan rumah.

Cermat memilih tukang bangunan
Agar proses pelaksanaan dalam membangun rumah impian berjalan lancar, cermatlah dalam memilih tukang bangunan atau pekerja lapangan.

Pastikan Anda merekrut tenaga tukang yang benar-benar ahli dan memiliki reputasi baik serta terpercaya. Jika diperlukan, mintalah rekomendasi kepada orang terdekat perihal tukang bangunan yang dikenal memiliki reputasi baik.

Perhatikan waktu pembangunan rumah
Hal lain yang juga Anda perlu perhatikan adalah waktu pembangunan rumah. Memulai pembangunan rumah saat masuk ke musim hujan, sangat kurang tepat karena dapat mengganggu proses penggalian fondasi. Hal ini tentu akan memperpanjang masa konstruksi dan menambah biaya.

Bangun rumah secara bertahap
Jika dana pembangunan rumah yang Hokie People miliki terbatas, bukan berarti Anda harus menunda rencana pembangunan rumah.

Baca Juga: Perbaikan Rumah Terganjal Biaya, Coba Ajukan Kredit Renovasi

Solusinya, Anda dapat melakukan pembangunan rumah secara bertahap dengan alur pengerjaan, yakni pembuatan fondasi, tahap konstruksi bangunan, instalasi atap, hingga proses finishing.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda