Tips Mewujudkan Taman Kering yang Asri di Rumah

Taman kering menggunakan beberapa komponen seperti dominasi batu koral, ragam tanaman perdu dan semak. Dengan begitu, membuat area hijau ini pun mudah diaplikasikan pada hunian dengan lahan terbatas.

Tips membuat taman kering
(Foto: kerttv)

RumahHokie.com (Jakarta) – Taman kering merupakan salah satu alternatif untuk menghadirkan area hijau nan segar di rumah. Secara umum, konsep dari area hijau tersebut hampir sama dengan taman biasanya. Hanya saja, taman kering dirancang menggunakan tanaman jenis tertentu dan meminimalisir penggunaan air.

Biasanya, taman kering menggunakan beberapa komponen, seperti dominasi batu koral, ragam tanaman perdu dan semak. Dengan komposisi tersebut, membuat area hijau ini pun mudah diaplikasikan di hunian dengan lahan terbatas.

Lantas, bagaimana ya Hokie People cara membuat taman kering yang cantik di rumah? Simak tips dan trik-nya berikut ini.

Tentukan konsep taman terlebih dahulu
Langkah pertama yang perlu dilakukan Hokie People untuk membuat taman kering adalah menentukan konsep dari area hijau itu sendiri. Ada baiknya untuk mengamati suasana sudut atau bagian rumah terlebih dahulu yang akan menjadi lokasi taman.

Baca Juga: Tips Mewujudkan Taman Depan Rumah di Lahan Minimalis

Gunanya adalah untuk mengetahui kira-kira ambience yang terdapat di area tersebut. Setelah ditemukan ambience-nya, Anda dapat langsung menentukan karakter seperti apa yang akan diterapkan dalam desain taman kering, sehingga keberadaannya akan menguatkan karakter dari desain rumah secara keseluruhan.

Pilih tanaman berdaya tahan kuat
Penggunaan jenis tanaman pada taman kering tidak seperti halnya di taman biasa. Sebaiknya pilih tanaman yang punya daya tahan cukup kuat. Hal itu disebabkan
taman kering pada umumnya berada di dalam rumah, sehingga minim cahaya.

Contohnya, Anda dapat memilih pandan bali sebagai tanaman utama.Sedangkan untuk tanaman pelengkapnya, gunakanlah jenis tumbuhan Sansiviera atau Bromelia.

Baca Juga: Tips Memilih Lampu Taman Secara Efisien dan Tepat

Jangan lupa untuk menambahkan rumput semak, sebagai aksen hijau dari taman kering di rumah Anda. Penting untuk diperhatikan, jangan sampai salah memilih jenis tanaman.

Tambahkan ornamen dekorasi
Agar tampilan taman kering nampak indah, tambahkanlah ornamen dekorasi sebagai
komponen tambahan. Anda dapat menggunakan batu koral tabur, batu koral sikat, ataupun batu alam. Jika ingin tampilan taman bergaya natural, maka tambahkanlah material kayu di area tersebut.

Aplikasikan pencahayaan yang tepat
Selaiknya sebuah ruangan, bagian taman kering pun perlu diberi tata pencahayaan yang tepat, sehingga nuansa asri dan indah dari area hijau tersebut dapat dengan jelas terlihat.

Nah untuk itu, aplikasikanlah lampu taman dengan perpaduan pendar cahaya kuning dan
putih. Dengan begitu akan memunculkan kesan dramatis pada area hijau tersebut.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda