Tips Mudah Mengetahui Keberadaan Serangga Ini di Rumah

Rayap dikenal sebagai serangga kecil penghancur. Jika tidak dicegah, kehadirannya bakal jadi ancaman bagi pemilik rumah.

Foto : a5pest.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Karena bentuknya serupa, banyak orang menyebutkan serangga satu ini (rayap) sebagai semut putih. Bedanya, serangga kecil ini mampu merusak semua elemen rumah berbahan kayu.

Koloni rayap mampu bersembunyi di tempat yang sangat sulit untuk ditemukan. Sebabnya, kehadiran koloni ini kerap jadi ancaman bagi pemilik rumah. Rayap sering juga disebut sebagai silent destroyer, si perusak diam-diam.

Istilah tersebut mencuat karena si pemilik rumah tidak sadar kalau rumahnya diserang oleh rayap. Species ini termasuk serangga yang malu-malu, ia tak tahan terhadap sinar matahari sehingga selalu berlindung didalam sarangnya yang gelap.

Baca juga :Ingin Rumah Aman dari Serangan Semut, Begini Cara Mencegahnya

Keberadaannya menyebar ke area lainnya melalui celah-celah atau lubang yang dibuatnya sendiri. Lalu, bagaimana cara mendeteksi keberadaan rayap di rumah? Berikut ini ulasan bagaimana mendeteksinya.

Alur jalan  
Biasanya kemunculan rayap ditandai dengan adanya jalur tanah yang memanjang berwarna merah tanah, biasanya keluar dari sela-sela kayu, retakan dinding, plafon, nat lantai atau dari tanah menjalar ke dinding.

Indikasi lain hadirnya rayap juga ditandai dengan adanya lubang kecil pada material kayu yang ada di rumah. Lubang kecil itu bisa dilihat pada kusen pintu, jendela atau kursi.

Kayu rusak
Cara lain mendeteksi adanya rayap bisa dengan mengecek kondisi furnitur berbahan kayu. Jika menemukan kayu yang keropos, itu tandanya serangan rayap sudah berlangsung lama.

Serbuk kering dan kasar berwarna kecoklatan yang berserakan di lantai juga menandakan keberadaan rayap. Serbuk itu merupakan kotoran rayap kayu kering.

Bermunculan laron
Indikasi lain mengetahui kehadirannya yaitu dengan munculnya laron. Binatang ini merupakan rayap yang bermetamorfosa bentuk. Laron itu sebenarnya adalah rayap yang bersayap. Kemunculan laron menandakan bahwa dalam radius 50 meter ada sarang rayap.

lewat uraian ini, semoga Anda dapat dengan mudah mengetahui keberadaan rayap pada rumah. Dengan demikian, Anda mudah mencegah penyeberannya. Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda