Tips Mudah Periksa Kualitas Rumah Baru, Hanya Bermodalkan Kayu Balok

Selain surat-surat legal kepemilikan properti, para konsumen juga harus memperhatikan kualitas dan kesehatan bangunan dari rumah baru yang didirikan oleh developer.

tips memeriksa rumah baru, Building Owners & Managers Association (BOMA) Indonesia, Bernanto
Ilustrasi rumah baru. (Foto: Blue Key Finance)

RumahHokie.com (Jakarta) – Mempunyai dan menghuni rumah milik sendiri jadi impian banyak orang. Apalagi jika hunian impian itu merupakan rumah baru yang lokasinya terjangkau dan dibangun dengan desain sesuai kebutuhan.

Saat ini banyak masyarakat tertarik membeli rumah murah di kawasan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) yang dibangun oleh para developer properti di Tanah Air, melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Meski harga relatif terjangkau, para pembeli hunian KPR juga harus teliti dan jeli dengan kualitas bangunan dan kesehatan rumah barunya.

Jangan sampai baru beberapa tahun dihuni, sudah ada kerusakan pada bagian rumah, karena proses pembangunan yang salah.

Baca Juga: Mau Beli Rumah Baru, Pelajari Dulu Tata Caranya

Menurut Bernanto, Direktur Building Owners & Managers Association (BOMA) Indonesia, biasanya hal yang paling sering dikeluhan oleh pembeli rumah baru adalah soal fisik bangunan.

Dia mengatakan, selain surat-surat legal kepemilikan, para konsumen juga harus memperhatikan kualitas dan kesehatan bangunan dari rumah baru yang didirikan oleh developer.

Oleh karena itu, Bernanto menyarankan agar konsumen memperhatikan serta memeriksa secara detail kualitas properti yang dibelinya tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, bagian yang sering dikeluhkan oleh konsumen biasanya kualitas kusen pintu yang tidak (presisi) siku atau bagian bawah lantai keramik yang berongga (kopong).

Baca Juga: Haruskah Renovasi Rumah Secondary Sebelum Menjualnya ke Pasaran?

Untuk memeriksa beberapa bagian rumah, menurutnya cukup gunakan kayu balok dengan panjang 50 cm dan lebar siku 90 derajat.

“Nah tips mudah untuk memeriksanya, tempelkan saja balok kayu tersebut pada sisi pojok pintu. Lihat apakah sudah kusen dan daun pintu sudah presisi atau belum,” jelasnya saat ditemui RumahHokie.com beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk melihat kualitas lantai keramik rumah apakah sudah benar atau belum, dia menambahkan pemilik properti bisa memeriksanya pula dengan menggunakan kayu balok yang diketok ke lantai.

Baca Juga: Kementerian PUPR Tetapkan Empat Kriteria Baru Rumah Layak Huni

“Kalau ada rongga pada lantai keramik, bunyi-nya akan berbeda. Nah dari situ, pemilik rumah bisa mengajukan perbaikan lantai pada developer. Mau nge-cek dinding rumah pun sama, tidak usah pusing. Tinggal tempelkan saja kayu tadi ke sisi dinding. Kalau ada (bagian) yang tidak rata kan bisa terlihat langsung,” kata Bernanto.

Pria yang sudah berkecimpuk dalam pembangunan properti selama 20 tahun itu pun menuturkan, konsumen juga perlu mengetahui gambar detail denah rumah miliknya.

“Kadang-kadang, konsumen karena terlalu merasa senang rumah sudah terbangun, jadi lupa
untuk menanyakan itu (gambar denah) ke developer. Padahal perlu tahu itu, agar nanti saat terjadi kerusakan pipa atau instalasi lainnya, mereka tidak bingung mencarinya,” tandas Bernanto.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda