Trik Ini, Cara Sederhana Bersihkan Karpet dari Tetesan Lilin

Tips ini bisa jadi panduan untuk membersihkan tetesan lilin yang menempel pada karpet. Paling sederhana, bisa menggunakan korek api dan sendok.

Selain alkohol, membersihkan bercak noda lilin pada karpet, bisa juga menggunakan detergen. Foto: whstatic.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Lilin merupakan penerang sementara, pengganti lampu saat pemadaman listrik. Namun jika penggunaannya tidak diperhatikan, bekas lelehannya dapat membeku dan sulit dibersihkan. Apalagi tetesan lilin itu menempel pada kain atau karpet.

Untuk membersihkannya, ada beragam cara sederhana yang mungkin bisa Anda dilakukan sendiri. Berikut ini ulasan tips singkatnya.

Bila tetesan lilin menempel pada karpet dan menimbulkan kotor. Untuk membersihkannya, tips sederhana ini mungkin bisa dijadikan panduan khusus.

Baca juga: Lima Helai Daun Ini Mampu Segarkan Ruangan Seluas 100m2

Pertama, ambillah es batu dan masukkan ke dalam kantung plastik. Kemudian letakkan es batu di atas lelehan lilin tersebut sampai cairan lilin membeku. Setelah itu, bersihkanlah lilin secara perlahan hingga bekas lilin yang menempel pada karpet dapat terangkat.

Jika masih ada sisa lilin yang menempel, letakkan kertas berwarna coklat di atas sisa lilin, lalu setrika kertas itu dengan suhu sedang. Dengan cara ini, kertas akan menyerap sisa lilin pada karpet.

Agar karpet tidak terkena setrika, langkah ini dapat Anda lakukan secara hati-hati. Untuk mengikis gumpalan lilin yang masih tersisa, Anda dapat menggunakannya dengan pisau tumpul. Cara ini dapat dilakukan sambil menunggu setrika panas.

Usai menerapkan langkah ini, coba periksa kembali karpet tersebut, apakah masih ada noda? Jika Anda masih menemukan noda atau bercak warna pada karpet, bersihkan dengan kain putih atau lap yang telah dibasahi dengan alkohol.

Lakukan dengan cermat, usahakan untuk tidak menyiram alkohol berlebihan. Usai itu, gosok dengan lap dan alkohol hingga noda atau bercak warna tidak nampak lagi pada karpet.

Lapisi area yang basah terkena alkohol dengan kain bersih dan tumpuk dengan buku atau benda lain yang berat dalam waktu lama, agar sisa alkohol pada karpet dapat terserap.

Menggunakan Korek Api dan Sendok
Cara ini dapat dilakukan apabila Anda dapat membersihkannya tidak menggunakan setrika. Penerapan metodenya hampir sama dengan cara membersihkan lilin dengan setrika. Bedanya, cara ini menggunakan alat sederhana yaitu korek api dan sendok.

Selain alkohol, membersihkan bercak noda lilin pada karpet, bisa juga menggunakan detergen. Caranya, campurkan 1,5 sendok makan detergen larutkan dengan dua gelas air hangat.

Jika proses itu sudah dipersiapkan, celupkan kain ke dalam campuran detergen, kemudian peras airnya dan tutup noda sisa lilin pada karpet dengan kain tersebut.

Gosok karpet tersebut dengan kain dari luar ke dalam secara perlahan dan berhati-hatilah, tujuan ini agar noda tidak menyebar ke bagian karpet lainnya. Ulangi hingga bercak noda benar-benar bersih.

Jika langkah-langkah itu dapat Anda cermati dengan baik, tetesan lilin yang mengotori karpet dijamin akan bersih kembali.

Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda