Trik Memelihara Saluran Air Kotor di Rumah Agar Tidak Mampat

Saluran air kotor yang tersumbat akan menimbulkan bau tak sedap serta genangan yang berpotensi mengandung bakteri dan kuman berbahaya bagi kesehatan anggota keluarga di rumah.

Ilustrasi saluran air. (Foto: flatheadlake)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kondisi pipa saluran air kotor yang baik memiliki peranan penting dalam menghadirkan kenyamanan di rumah. Apabila bagian itu tersumbat, dapat menjadi sumber masalah bagi kebersihan hunian.

Saluran air atau jalur pembuangan limbah kotor yang tersumbat akan menimbulkan bau tak sedap serta genangan yang berpotensi mengandung bakteri dan kuman berbahaya bagi kesehatan anggota keluarga di rumah.

Laju air yang terhambat di saluran buangan kamar mandi umumnya disebabkan oleh keberadaan sampah kecil yang tak dapat terurai, seperti helaian rambut rontok, sisa sabun dan sebagainya.

Sedangkan pada wastafel dapur, saluran air kotor yang tersumbat bisa disebabkan terhalangnya pipa pembuangan oleh sisa makanan yang menumpuk.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Berikut Tips Dalam Menjaga Kesehatan Rumah

Oleh karenanya, kondisi saluran pembuangan air limbah kotor tersebut harus selalu rutin dipelihara kebersihannya. Untuk menghindari mampatnya saluran air kotor, cobalah Hokie People praktikan trik berikut ini.

Rutin membersihkan lubang saluran air
Seringkali helaian rambut rontok dan kotoran lainnya memang tidak dapat dihindari masuk ke saluran air. Oleh karena itu, bersihkanlah lubang atau ujung pipa saluran air secara rutin, paling tidak seminggu sekali.

Untuk menghancurkan kotoran yang menggumpal, gunakanlah baking soda. Selain itu,
beri cairan disinfektan untuk membasmi bakteri dan kuman penyakit yang bersarang.

Baca Juga: Tips Memilih Wastafel untuk Cuci Piring di Dapur Secara Tepat

Pasang filter air di ujung pipa
Untuk mencegah sampah masuk ke dalam saluran pipa air kotor, pasanglah saringan (filter) pada bagian ujung pipa saluran air di lantai kamar mandi maupun pada bagian bak cuci piring di dapur.

Aplikasikan produk pipa yang tepat
Tersumbatnya saluran air juga bisa disebabkan dari pipa saluran air yang digunakan. Pilihlah pipa berkualitas yang terbuat dari resin murni.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Perhatikan Talang Air Rumah Anda!

Perhatikan juga bagian dalam pipa. Untuk melancarkan aliran air buangan dan menghindari kotoran yang menempel, pilihlah pipa saluran air yang memiliki permukaan dalam yang halus dan licin. Diameter pipa juga sebaiknya tidak terlalu kecil. Idealnya pipa untuk saluran air yang lancar berdiameter 4 inci.

Selamat mencoba ya, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda