Trik Menata Ruang Tamu di Rumah Tipe 36 Agar Tetap Nyaman

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menata ruang tamu pada rumah tipe 36 dengan gaya minimalis modern, agar terasa lebih nyaman.

Tips Menata Ruang Tamu Sempit
(Foto : cindywoo)

RumahHokie.com (Jakarta) – Ukuran rumah yang terbatas tidak menjadi halangan untuk menghadirkan tampilan ruang tamu cantik dan nyaman. Dengan menata area tersebut secara benar, pemilik rumah akan mendapatkan nuansa yang homey.

Pada hunian dengan luas bangunan 36 meter persegi atau dikenal pula dengan sebutan rumah tipe 36, umumnya luasan ruang tamu memiliki area yang tak terlalu besar.

Oleh sebab itu terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menata ruang tamu pada rumah tipe 36 dengan gaya minimalis modern, agar terasa lebih nyaman. Simak uraian trik berikut ini!

Baca Juga : Ubah Tampilan Ruang Tamu Agar Tampak Indah dengan 5 Cara Ini

Letakkan sofa empuk yang sesuai ukuran
Ruang tamu merupakan salah satu area komunal di dalam sebuah rumah. Karena fungsinya sebagai ruang untuk menerima tamu ataupun berkumpul para anggota keluarga, tentu Anda wajib untuk meletakkan sebuah sofa empuk di area tersebut.

Namun demikian, perhatikan pula ukuran sofa dengan luasan ruangan yang tersedia. Jangan sampai sofa favorit Anda menjadi penyebab ruang tamu terasa penuh sesak. Jika merencanakan membeli jenis furnitur tersebut, disarankan untuk mengukur lebar sofa dan sesuaikan dengan luasan ruang tamu hunian Anda.

Pertimbangkan penggunaan meja
Mengaplikasikan meja dengan ukuran besar pada ruang tamu di rumah tipe 36 dapat membuat hunian tersebut semakin terasa sempit. Oleh karena itu, jika memungkinkan hindari membeli meja yang terlalu besar. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan coffee table yang lebih kecil dan pendek.

Baca Juga : 5 Cara Agar Ruangan Hunian Terkesan Lebih Luas

Kurangi perabotan
Penggunaan perabotan furnitur yang terlalu banyak, sudah pasti akan membuat ruang tamu di rumah tipe 36 menjadi semakin terasa penuh dan sesak. Oleh karena itu, kurangi perabotan dan furnitur yang tidak diperlukan.

Anda bisa memindahkannya ke area lain yang lebih memungkinkan. Sehingga ada baiknya untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum membeli furnitur atau perabotan yang diinginkan.

Namun demikian, agar ruang tamu juga tidak terasa monoton, letakkan beberapa buah ornamen dekoratif bergaya modern. Misalkan saja, Anda bisa menggantung lukisan atau foto. Aplikasikan pula tanaman hias yang ditempatkan pada pot kecil untuk menghadirkan nuansa segar di dalam ruang tamu.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda