Trik Menjaga Suhu Rumah Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

Suhu panas yang 'menyelimuti' interior, tentu akan membawa dampak ketidaknyamanan bagi penghuni rumah. Maka dari itu, diperlukan trik untuk mendapatkan hawa ruangan yang sejuk.

Menghilangkan hawa panas di dalam rumah
(Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Tanda-tanda musim kemarau sudah semakin terasa dari cuaca panas yang akhir-akhir melanda berbagai daerah di Indonesia. Dengan paparan cuaca yang terik, seringkali membuat hawa di dalam rumah menjadi panas pula.

Hawa panas yang ‘menyelimuti’ interior rumah, tentu akan membawa dampak ketidaknyamanan bagi penghuni. Alhasil, sebagai cara instan, pemilik properti akan menghidupkan pendingin ruangan atau AC yang terinstalasi di dalam ruangan.

Namun, dengan cara tersebut akan membuat tagihan listrik melonjak naik. Oleh karena itu, perlu trik tertentu agar hawa di dalam rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Baca Juga: Tips Rumah Nyaman dan Sehat dengan Melihat Pergerakan Matahari

Melansir dari laman IFL Science, terdapat beberapa trik untuk membuat suhu di dalam hunian tetap sejuk, walaupun di tengah cuaca panas musim kemarau. Simak ulasannya berikut ini.

Biarkan tirai jendela tetap tertutup
Kaca merupakan material penghantar panas yang baik. Sebab, 30% panas bisa berasal dari jendela. Oleh karena itu, untuk meredam hawa panas yang merembet di jendela kaca Anda, biarkan tirai dan gorden untuk tertutup pada siang hari.

Dengan membiarkan tirai dan gorden tetap tertutup, panas sinar matahari bisa dipantulkan kembali ke luar, sehingga akan menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk.

Baca Juga: Tetap Hemat Listrik Disaat Musim Panas, Begini Caranya!

Buka pintu rumah agar sirkulasi udara mudah masuk
Selain sebagai akses masuk-keluar bangunan, bagian pintu juga berfungsi sebagai jalur udara segar untuk masuk ke rumah. Pintu-pintu yang terbuka akan menciptakan aliran udara segar dapat dengan mudahnya berada di dalam rumah.

Selain pintu rumah, disarankan pula untuk membuka jendela secara rutin ketiga pagi dan sore hari. Dengan langkah ini, sirkulasi udara segar di dalam rumah akan masuk secara maksimal.

Mengatur kipas angin di ceiling
Selain kedua cara itu, pemilik rumah dapat melakukan pengaturan pada perangkat elektronik seperti, kipas angin yang menempel di ceiling. Pemilik hunian dapat mengatur kipas angin untuk berputar berlawanan arah jarum jam, sehingga pergerakannya seperti menarik udara ke satu arah, bukan sekadar mendorongnya ke bawah.

Baca Juga: Ragam Pemicu AC Tidak Dingin dan Tips Mengatasinya

Letakkan tanaman di dalam rumah
Agar mendapatkan udara segar di dalam rumah, jangan lupa untuk meletakkan tanaman yang ditempatkan di dalam pot-pot kecil. Misalnya, pemilik rumah dapat memilih bromelia dan kaktus yang diletakkan di ruang tamu ataupun ruang keluarga.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda