Trik Merancang Ruang Kerja yang Mampu Berikan Privasi

Agar ruang kerja di rumah memiliki desain indah, sekaligus bisa memenuhi kebutuhan privasi penggunanya, maka perlu diterapkan perancangan yang baik.

Tampilan yang simple dengan warna-warna netral, menjadi ciri khas dari gaya interior skandinavian. (Foto: Pinterest.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kebutuhan ruang kerja di rumah kini semakin dituntut untuk memiliki desain dan fasilitas yang memberikan rasa nyaman saat berkarya. Hal itu tak terlepas dari sebagian masyarakat perkotaan memilih opsi untuk bekerja dari huniannya, akibat kondisi lalu lintas yang begitu macet dan terbatasnya waktu.

Menghadirkan ruang kerja pribadi di dalam rumah dengan suasana privasi tetap terjaga tentu menjadi hal yang paling utama.

Umumnya, karena rancangannya kurang tepat, fungsi ruang kerja di dalam hunian sering kali bercampur dengan kegiatan lainnya, sehingga privasi saat bekerja menjadi terganggu.

Baca Juga: 4 Cara Merancang Ruang Kerja Pribadi Selaiknya Desainer Profesional

Agar ruang kerja di rumah memiliki desain yang indah, sekaligus bisa memenuhi kebutuhan dari aktivitas penghuninya, maka perlu diterapkan perancangan yang baik.

Lantas, bagaimanakah tips dan trik untuk mendapatkan desain ruang kerja yang dapat menjaga privasi ketika bekerja? Simak pembahasannya berikut ini.

Memisahkan ruang kerja dengan area publik di rumah
Membagi antara area privat dan publik merupakan langkah awal untuk merancang ruang kerja yang nyaman. Pembagian ruangan ini dapat dilakukan dengan menempatkan ruang kerja pada lantai yang berbeda.

Baca Juga: Tips Hadirkan Ruang Kerja yang Pacu Produktivitas dan Kreativitas Anda

Contohnya, lantai dasar dapat difungsikan sebagai area komunal bagi keluarga, sementara ruang kerja ditempatkan pada salah satu ruangan di lantai atas. Dengan pengolahan ruangan seperti ini, konsentrasi saat bekerja pun tidak terganggu oleh penghuni rumah lainnya yang berlalu-lalang.

Beri sekat untuk memberi privasi
Apabila hunian Anda tidak bertingkat, carilah posisi ruang kerja yang tidak terlalu dilewati banyak orang.

Baca Juga: Begini Pengaturan Pencahayaan Berdasarkan Kebutuhan Ruang

Kemudian pisahkan fungsi ruang dengan memberi sekat. Letakkan penyekat ruang ataupun rak lemari pajangan yang digunakan sebagai furnitur transisi untuk memisahkan area kerja dengan ruangan lainnya di rumah Anda.

Gunakan pencahayaan ruangan yang tepat
Instalasi dan tata pencahayaan juga mesti diperhatikan. Gunakan perpaduan sistem pencahayaan downlight dan task lighting di ruangan kerja Hokie People. Pilihlah ambience pencahayaan dengan tingkat keterangan yang dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Sediakan furnitur kantor pemberi kenyamanan kerja
Untuk memberi rasa nyaman ketika menyelesaikan pekerjaan, sediakan furnitur kantor sesuai kebutuhan. Pilihlah kursi dan meja kantor yang memenuhi standar ergonomi sekaligus memiliki desain sesuai dengan dekorasi ruangan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda