Truk Ini Dirancang Bisa Bertransformasi Menjadi Masjid Portable

Masjid portable inovatif ini sengaja dibuat untuk menyambut para pengunjung dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2020 mendatang di Tokyo, Jepang.

Masjid Truk2-RumahHokie.com
(Foto: Mobile Mosque Executive Committee via AP)

RumahHokie.com (Tokyo) – Pernakah Anda merasakan susahnya menjangkau masjid atau mushola ketika berada di sebuah event di area publik ketika waktu sholat wajib tiba?

Nah, untuk mengantisipasi hal itu, sebuah perusahaan asal Jepang, Yasu Project Co.Ltd telah mengembangkan proyek inovatif, yakni masjid portable.

Dengan bentuk sebuah truk yang bisa bertransformasi, masjid portable ini sengaja dibuat untuk menyambut para pengunjung di ajang Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2020 mendatang di Tokyo, Jepang.

Baca Juga : Cerita Tentang Arsitek Masjid Istiqlal yang Belum Diketahui Publik

Dengan teknologi, kontainer truk ini bisa melebar dan seketika berubah menjadi masjid portable yang sanggup menampung 50 orang (Foto: DW)

Dilansir laman Nhk, pembuatan truk masjid portable tersebut menelan biaya hingga 1 juta yen atau sekitar Rp130 juta.

Jika dilihat dari luar, penampilannya terlihat seperti truk biasa. Akan tetapi begitu sebuah tombol ditekan, truk tersebut secara otomatis dapat melebarkan kontainer di belakangnya. Kendaraan tersebut seketika menjadi ruang beribadah yang nyaman.

Dilengkapi dengan penyejuk udara, masjid dengan nuansa interior serba putih ini mampu menampung hingga 50 jama’ah muslim.

Baca Juga : Sambut Jamaah Haji, Hotel Mewah di Mekkah Ini Tawarkan Layanan Kelas Satu

Interior masjid ‘berjalan’ ini terbilang cukup nyaman untuk digunakan beribadah umat muslim. Bagian lantainya dilapisi karpet yang lembut. (Foto : DW)

Tempat ibadah yang bisa ‘berjalan’ ini dikembangkan bersama pabrikan otomotif yang bermarkas di Yanai, Yamaguchi, selama kurun waktu empat tahun.

Agar memudahkan umat muslim dalam menunaikan sholat, masjid portable tersebut dilengkapi oleh berbagai fitur pendukung, seperti baskom air untuk memurnikan dan membersihkan sebelum ibadah dan menunjukkan arah Kiblat.

Baca Juga : Berantas Buta Quran, Masjid-masjid Seputar BSD City Gunakan Metode “Mama Papa”

Kepala proyek masjid portable, Yasuharu Inoue, mengatakan dengan hadirnya fasilitas tersebut pihaknya berharap bisa menyediakan tempat berdoa bagi para atlet dan penonton di ajang Olimpade nanti.

Sementara itu, Presiden Yasu Project Co.Ltd, Tetsuro Akimoto, berujar kendaraan itu akan ditempatkan di sekitar venue Olimpiade dan Paralimpik berlangsung.

“Kendaraan ini sebagai perwujudan Omotenashi (Bahasa Jepang), yang berarti keramahtamahan,” pungkas Akimoto.

Semoga saja ketika event Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta dan Palembang nanti, ada fasilitas masjid portable yang keren seperti ini ya, Hokie People.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda