Uniknya Museum Mainan yang Bangkitkan Nostalgia Masa Kecil

MINT museum memamerkan koleksi mainan yang langka dan unik. Pengunjungnya dapat melihat dan mengetahui berbagai koleksi permainan anak dari zaman pertengahan abad 19 hingga pertengahan abad 20.

Mint Museum of Toys-RumahHokie.com-timeout
(Foto: timeout media)

RumahHokie.com (Singapura) – Jika Anda mengunjungi museum, umumnya berisi tentang koleksi benda-benda sejarah ataupun barang seni. Namun, pernahkah datang ke museum yang isinya memajang ribuan mainan anak-anak dari masa ke masa?

Di Singapura terdapat museum yang menampilakan beragam koleksi mainan berbagai rupa. Namanya, Moment of Imagination and Nostalgia with Toys (MINT) museum.

Sesuai dengan namanya, MINT museum memamerkan koleksi mainan yang langka dan unik. Pengunjung museum dapat melihat dan mengetahui berbagai koleksi permainan anak dari zaman pertengahan abad 19 hingga pertengahan abad 20.

Baca Juga: Uniknya Tampilan Rumah Mewah Mendiang Pemeran Star Wars

Koleksi mainan di MINT museum berjumlah lebih dari 50.000 mainan yang berasal dari 40 negara. Diantaranya, Jerman, Jepang, Inggris, Tiongkok, Inggris, Amerika hingga Bulgaria.

Terdapat sekitar 3.000 lebih figur dan mainan lainnya yang dipamerkan di dalam ruang pamer MINT museum. Beragam koleksi mainan tersebut dipamerkan di beberapa area sesuai dengan kategori koleksi.

Koleksi permainan tersebut mencakup mainan figur Disney yang langka, action figure komik seperti Batman, Superman, hingga tokoh-tokoh Star Wars. Selain itu, ada pula mainan karater seperti Astroboy, Popeye, dan lain-lain.

Baca Juga: Perlukah Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah?

Desain MINT Museum
Dirancang oleh SCDA Architects asal Singapura, arsitektur bangunan MINT museum dibuat bergaya kontemporer.

Bangunan setinggi lima lantai ini memiliki fasad yang terdiri dari 26 panel kaca. Masing-masing bagian kaca tersebut diterangi oleh cahaya yang berasal dari sepanjang tepian gedung.

Jumlah panel itu tidak hanya sesuai dengan alamat museum yang berada di jalan 26 Seah Street Singapore, akan tetapi juga dipercaya oleh pemiliknya sebagai angka keberuntungan.

Dengan desain fasad seperti itu membuat bangunan MINT museum dapat terhindar dari pancaran cahaya sinar matahari yang berlebih dan menyilaukan orang-orang di dalam ruangan.

Biro arsitek tersebut juga merancang gedung MINT museum dengan prinsip geomansi, yakni ilmu meramal berdasarkan pengamatan pada garis-garis atau gambar.

Dengan desain arsitektur seperti itu, maka tak mengherankan jika bangunan MINT museum berhasil meraih berbagai penghargaan, salah satunya Cityscape Dubai Architectural Awards 2008 untuk kategori  Tourism, Travel and Transport.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda