Usung Kebhinekaan, Viro Bangun Instalasi Arsitektur di Bintaro Design District Festival

Karya instalasi 'Anata Rupa' yang dibuat Viro khusus untuk Bintaro Design District Festival 2019, berupaya menyampaikan pesan keharmonisan dan kekuatan di tengah keberagaman dan perbedaan.

Viro, instalasi seni Anata Rupa, Bintaro Design District Festival 2019, Kebun Ide, Tangerang Selatan
Bekerja sama dengan Arstitek Anneke Prasyanti dan Dani Hermawan, Viro membangun karya instalasi arsitektur dengan tajuk Anata Rupa di Bintaro Design District Festival 2019 di Kebun Ide, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. (Foto: dok. Viro Build)

RumahHokie.com (Jakarta) – Viro bekerja sama dengan dua arsitek muda Indonesia membangun karya instalasi arsitektur dan seni luar ruang dengan tajuk ‘Anata Rupa’ dalam ajang Bintaro Design District Festival 2019 di Kebun Ide, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Dalam proses perancangan dan pembuatan instalasi seni ‘Anata Rupa, Viro berkolaborasi dengan Anneke Prasyanti dari biro arsitek bhumi aras hospitality+design dan Dani Hermawan dari Formologi.

Mengambil inspirasi dari ketukangan di Pulau Lombok, karya ini berupaya menyampaikan pesan keharmonisan dan kekuatan di tengah keberagaman dan perbedaan

Baca Juga: Viro Kembali Kolaborasi dengan Joko Avianto, Hadirkan Karya Seni Instalasi Outdoor

Dilansir dari siaran pers, Jumat (06/12/2019), Johan Yang, Executive Vice President PT Polymindo Permata, perusahaan pemilik merek Viro, menerangkan pihaknya merasa bertanggung jawab untuk ikut andil dalam melestarikan kearifan lokal, khususnya untuk budaya menganyam.

“Kami selalu berupaya untuk mengikutsertakan elemen anyaman dalam setiap proyek arsitektur enginering yang dilakukan. Kami pun giat berkolaborasi dengan para arsitek yang memiliki misi sama untuk turut melestarikan budaya-budaya lokal dalam bangunan,” ujar Johan.

Melalui instalasi seni berdiameter kurang lebih 5 meter ini, ‘Anata Rupa’ di Bintaro Design District Festival mengundang publik untuk merayakan dan menikmati indahnya perbedaan.

Baca Juga: Tampilkan Budaya Bahari, Viro Wakili Indonesia di Gelaran The Leisure Show 2019

Karya seni di taman itu menampilkan perpaduan warna-warna yang solid dan memiliki karakter tersendiri namun tetap berpadu indah ketika dikombinasikan bersama.

Sementara itu, Anneke Prasyanti dalam kesempatan yang sama menjelaskan, Anata Rupa membawa tipologi anyaman dari bebeberapa daerah di Indonesia.

“Kami menerapkan warna-warna yang menjadi ciri khas anyaman Pulau Lombok. Kemudian dikolaborasikan dengan warna khas Suku Batak, Suku Bajo dan Suku Dayak,” paparnya,

Baca Juga: Usung Konsep Archineering, Viro Bangun Gazebo Gedong Panjang

Lebih lanjut, Anneke mengatakan instalasi karya seni itu merupakan sebuah pengerjaan ketukangan tradisional yang diterapkan melalui teknik desain kontemporer, dengan bahan serat daur ulang eco faux, pada sebuah bentuk geometri non-euclidean.

“Kombinasi keseluruhan warna ini tetap dapat menciptakan karya yang harmonis. Sebagaimana menunjukkan kebhinekaan dari masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi persatuan di tengah perbedaan,” tandas Anneke.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda