Usung Konsep Farmers’ Market, Vida Bekasi Bangun Pasar Anyar

Kawasan mixed use di Narogong, Bekasi, besutan Gunas Land ini akan memiliki Pasar Anyar, sentra niaga seluas 10.000 m2 di distrik Bumipala.

Foto: Dok. Vida Bekasi

RumahHokie.com (Bekasi) Gunas Land meneguhkan komitmen dalam menghadirkan kawasan terpadu berkualitas dengan visi berkelanjutan lewat Vida Bekasi.

Kawasan mixed use di Narogong, Bekasi ini akan menambah fasilitas dengan rencana pembangunan Pasar Anyar, sentra niaga seluas 10.000 m2 di distrik Bumipala.

Edward Kusma, Direktur Vida Bekasi mengatakan, kehadiran Pasar Anyar ini akan menjawab kebutuhan masyarakat akan fasilitas perbelanjaan yang bersih dan nyaman, serta menjual aneka barang dengan harga terjangkau.

“Kami mencatat lalu-lintas orang dan barang di kawasan Vida makin meningkat. Penduduk Vida saja lebih dari 9.000 orang, ditambah pemukiman sekitarnya yang padat. Beroperasinya Arena Sport Club, Bank Mandiri, dan Binus School terbukti semakin meramaikan kawasan ini,” kata Edward, Senin (30/1/2017).

Baca Juga: Tawarkan Konsep Hijau, Vida Bekasi Pasarkan Cluster Botanica

Acara Car Free Day (CFD) yang diadakan setiap Minggu, imbuhnya, juga selalu dipadati lebih dari 5.000 orang, mulai peminat olah raga, rekreasi, hingga perdagang.

“Semua itu adalah potensi traffic yang mendasari kami membangun Pasar Anyar,” ungkapnya optimistis.

Foto: Dok. Vida Bekasi
Foto: Dok. Vida Bekasi

Konsep Farmers’ Market
Dalam mengembangkan Pasar Anyar, Vida menggunakan konsep farmers market, yakni menyediakan produk segar hasil pertanian Bekasi, mulai produk organik hingga barang dan jasa lain.

Dirancang arsitek Danny Wicaksono (Studio Dasar), pasar ini memiliki atap miring dengan daya tampung lebih dari 6.000 orang.

“Pasar Anyar terdiri dari dua kompleks bangunan, yaitu ruko dan area pasar. Atap miring terinspirasi dari bentuk atap rumah adat di Indonesia. Selain menciptakan identitas arsitektur kawasan, atap Pasar Anyar yang besar juga akan memberikan naungan yang teduh dengan sirkulasi udara yang baik, sehingga berbelanja terasa nyaman dan tidak pengap,” jelas Danny.

Edward menuturkan, pembangunan Pasar Anyar dilakukan bertahap. Tahap pertama, Ruko Pasar Anyar yang diluncurkan pada 2016 lalu telah terjual habis, sementara pembangunannya diperkirakan rampung pada kuartal pertama tahun ini.

Tahap kedua, Pasar Anyar yang dimulai dengan peluncuran ruko tahap 2. Ruko tahap 2 memiliki dua fasad dengan dua akses, yaitu menghadap jalan dan terhubung dengan area pasar.

“Ruko ini ideal untuk toko, butik atau resto yang ingin memanfaatkan traffic,” jelas Edward.

Tropical Urbanism
Vida Bekasi dibangun di atas lahan seluas 130 hektar dengan mengusung konsep tropical urbanism yang dirancang arsitek Andra Matin. Tropical urbanism adalah konsep kehidupan yang sadar dan responsif terhadap iklim tropis.

Vida Bekasi diluncurkan pada Oktober 2013 dan kini tengah mengembangkan 5 cluster hunian: Premier Savanna, Taman Apel, Taman Durian, Taman Frambosa, dan Botanica; serta dua kawasan ruko: Saraswati Sembilan dan Ruko Pasar Anyar.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda