Vida Bekasi Rilis Apartemen Subsidi: Teras Alun-alun

Gunas Land meluncurkan apartemen subsidi dengan total 10.000 unit tersebut bertepatan dengan pembukaan event Vidafest 2017.

Kawasan hunian Vida Bekasi (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Bekasi) – Gunas Land, pengembang Vida Bekasi, mengatakan tidak akan membangun hunian tapak di kawasan perumahan seluas 130 hektar tersebut. Selanjutnya, Gunas Land akan mengembangkan hunian vertikal, yakni Teras Alun-alun.

Edward Kusma, Direktur Vida Bekasi mengatakan, sebagai apartemen subsidi, Teras Alun-alun diharapkan dapat berkontribusi terhadap pengentasan permasalahan kekurangan pasokan hunian (backlog) yang menurut Badan Pusat Statistik 2015 mencapai 11,38 juta, sekaligus mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah sejak 2015.

Baca Juga: Dukung Program Sejuta Rumah, Bank BTN Kucurkan Rp144 Triliun

“Pada tahap awal akan dikembangkan satu tower dengan total 200 unit. Namun, ke depan Vida Bekasi dapat mengembangkan hingga lebih dari 10.000 unit apartemen di atas lahan 20 hektar,” ungkap Edward di sela acara pembukaan Vidafest 2017, Sabtu (30/9/2017) lalu.

Dia mengatakan, kendati hunian subsidi, namun Teras Alun-alun didesain bagus dan tidak terlihat kumuh. Posisinya pun diletakkan di depan kompleks perumahan yang berada di bilangan Jalan Narogong tersebut.

“Apartemen ini kami pasarkan Rp8,4 juta per meter persegi atau Rp302 juta per unit,” tutur Edward.

Pemasaran mulai dilakukan, Sabtu, 30 September 2017 dengan uang muka mulai Rp3 jutaan dan cicilan mulai Rp2 jutaan per bulan. Pihak pengembang menargetkan 100 unit bisa terserap pasar hingga akhir 2017.

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai optimisme tersebut, Edward mengatakan, setiap tahun terjadi penambahan populasi sekitar 100 ribu jiwa di Bekasi. Hal itu merupakan bukti bahwa sektor hunian sangat diperlukan di Kota Patriot tersebut.

Memerhatikan Faktor Manusia
Untuk merancang Teras Alun-Alun, Vida Bekasi menggandeng SHAU, firma arsitek yang didirikan oleh duo arsitek asal Indonesia dan Jerman, Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann.

Dalam merancang Teras Alun-Alun, SHAU menuangkan prinsip arsitektur urban untuk hunian kolektif yang betul-betul memerhatikan faktor manusia yang hidup di dalamnya.

Baca Juga: Usung Konsep Farmers’ Market, Vida Bekasi Bangun Pasar Anyar

Daliana Suryawinata, principal SHAU mengatakan, Teras Alun-alun dirancang dengan memikirkan semua aspek yang terkait dengan kebutuhan hidup penghuni apartemen.

“Hunian terjangkau yang memiliki desain yang baik memang masih sangat sedikit di Indonesia, padahal aspek–aspek desain seperti penghawaan dan pencahayaan alami yang optimal sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup penghuninya, sedangkan desain yang menarik secara psikologis dapat membuat penghuni lebih bahagia dan ingin selalu pulang ke rumah,” papar Daliana.

Suasana Vidafest 2017 di Vida Bekasi (Foto: Anto Erawan – RumahHokie.com)

Vidafest 2017
Untuk kali ketiga, Vida Bekasi menggelar festival tahunan Vidafest 2017 (30 September – 1 Oktober 2017) di kawasan InSitu – Bumiwedari, Vida Bekasi, Jawa Barat.

Setelah tahun sebelumnya menghadirkan kolaborasi seni dan hiburan dari komunitas lokal Bekasi, tahun ini Vidafest menambahkan kolaborasi ide untuk hunian perkotaan, yang diwujudkan dalam pameran dan talkshow arsitektur tentang hunian kolektif yang lebih humanis.

Baca Juga: Angkat Tema ‘Angin’, Gunas Land Selenggarakan Vidafest 2016

“Vida Bekasi ingin selalu membawa sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk masyarakat, seperti pameran dan talkshow Vidatalk yang mengajak berbagai pihak untuk saling berbagi ilmu, ide dan pandangan khususnya seputar hunian perkotaan,” ujar Edward.

Vidafest 2017 juga diramaikan oleh Live Graffiti oleh Artheraphy Movement, Urban Guerrilla Workshop, Workshop untuk anak-anak bersama Kedubes Bekasi, Kompetisi Game of S.K.A.T.E, Mini GP Wali Kota Cup, 10K Eco Fun Run Wali Kota Cup, Bazaar, hiburan dari band terkemuka Alvin & I, Ikubaru, The Trees & The Wild, Nick, serta kelompok musik Keroncong Terian dari Vida Bekasi.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda