Wanita Ini Ubah Toilet Kumuh Jadi Rumah yang Menyenangkan

Seorang arsitek asal Inggris, bernama Laura Clark, mampu mengubah bangunan toilet kumuh terbengkalai menjadi sebuah rumah yang nyaman dan indah.

(Foto: crystalpalacetoilets)

RumahHokie.com (Inggris) – Apakah Anda mau tinggal di sebuah bangunan bekas toilet, Hokie People? Mungkin banyak dari Anda akan menolaknya. Karena berpikir tempat tersebut pasti kotor dan tidak nyaman untuk dihuni.

Namun, berbeda dari pikiran Anda. Seorang arsitek wanita asal Inggris, bernama Laura Clark, mampu mengubah bangunan toilet kumuh terbengkalai menjadi sebuah rumah yang nyaman dan indah.

Dilansir dari Crystalpalacetoilet, sang arsitek tersebut ‘menyulap’ toilet yang sudah terbangun sekitar 80 tahun lamanya menjadi hunian modern minimalis yang layak untuk ditinggali.

Baca Juga: Menentukan Posisi Toilet Terbaik di Rumah Menurut Feng Shui

Tampilan awal toilet bekas sebelum diubah menjadi rumah yang nyaman.(Foto: crystalpalacetoilets)

Laura bercerita, ketika awal dirinya melakukan renovasi, bangunan seluas 600 meter persegi itu mengeluarkan bau busuk dan sangat kotor. Tidak banyak pekerja bangunan yang mau membantunya merealisasikan ide yang ia miliki, sehingga Laura pun harus ikut turun tangan dalam renovasi.

“Proses mengubah toilet kumuh menjadi rumah sangat berat. Saya harus merobohkan dinding-dinding lama hingga membersihkan ruangan dengan sedikit tenaga yang membantu,” ujar Laura.

Meskipun demikian, Laura tidak menyerah dan terus berjuang sehingga keinginannya untuk mengubah toilet kumuh tersebut menjadi rumah dengan desain interior menawan, bisa terwujud.

Baca Juga: Desain Rumah Karya Zaha Hadid Ini Seperti Pesawat Luar Angkasa

Jika sebelumnya, terdapat ruang kosong dengan tumpukan berbagai material toilet rusak, sang pemilik mengubahnya menjadi sebuah kamar tidur yang nyaman dan cantik. Ruangan tersebut dilengkap dengan area kamar mandi menawan.

Dengan perpaduan warna merah, kuning, dan lampu yang menempel pada plafon dindingnya, kamar mandi tersebut dilengkapi oleh bathtub.

Dikarenakan letaknya berada di bawah tanah yang lembab, maka desain hunian tersebut dibuat semaksimal mungkin mampu mendapatkan sinar matahari dan sirkulasi udara yang cukup. Laura membuat skylight di area dapur untuk memberikan penerangan yang cukup.

Sedangkan pada bagian akses masuk toilet yang dulunya kotor penuh dengan sampah, mampu diubah oleh sang arsitek menjadi, jalur masuk-keluar rumah yang indah.

Dengan kerja keras dan kreativitas, bangunan kumuh dapat ‘terlahir’ kembali dalam bentuk hunian yang mengesankan. Keren ya, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda