Wisma Atlet Kemayoran Siap Digunakan untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19

Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran ini diperkirakan mampu menampung hingga 3.000 pasien yang terjangki virus Corona.

RS Darurat Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, virus corona, coronavirus, presiden joko widodo
Presiden Joko Widodo saat meninjau RS Darurat Covid-19, Senin (23/3/2020) lalu, di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. (Foto: dok. Kementerian PUPR).

RumahHokie.com (Jakarta) – Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, telah siap digunakan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 untuk merawat para pasien yang terinfeksi virus Corona.

Dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian terkait lainnya dalam janga waktu empat hari, Rumah Sakit Darurat Covid-19 tersebut diharapkan dapat digunakan untuk merawat para pasien Covid-19 di Indonesia.

“Saya harap nanti sore Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet Kemayoran ini sudah bisa menerima pasien positif maupun suspect virus corona yang mengidap gejala ringan dan menengah,” ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat meninjau RS Darurat Covid-19, Senin (23/3/2020) lalu.

Baca Juga: Lesu Karena Corona, Pasar Properti Asia Pasifik Diprediksi Melambung di Kuartal II-2020

Dalam peresmian tersebut Presiden didampingi sejumlah Menteri meninjau beberapa fasilitas dan ruangan di Rumah Sakit Darurat Covid-19, khususnya di tower 7 Wisma Atlet Kemayoran.

Beberapa ruangan yang ditinjau antara lain ruang IGD, ruang ICU dan ruang rawat inap pasien Covid-19. Rumah sakit ini diperkirakan mampu menampung hingga 3.000 pasien lebih.

Berdasarkan prosedur penanganan Covid-19, sebelum memasuki Rumah Sakit, semua pasien dan pengunjung harus melalui ruang khusus penyemprotan desinfektan.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bangun 193 Rumah Bagi Korban Kerusuhan Wamena

Menurut Joko Widodo, pasien yang dirawat di RS Darurat ini adalah mereka dengan indikasi gejala menderita Covid-19 ringan dan menengah.

Para pasien yang datang juga harus mendapat rujukan dari Rumah Sakit yang ditunjuk pemerintah guna menangani virus Corona.

Terkait dengan kesiapan yang dilakukan dalam menangani pandemi Covid-19, Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah pekan lalu telah menyiapkan sebanyak 105.000 set APD yang akan didistribusikan kepada rumah sakit di sejumlah provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia Lampu Inovatif, Dapat Cegah Virus Corona Menyebar di Rumah

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono didampingi Direktur Jenderal Perumahan menyatakan pihaknya telah menyiapkan 4 Tower Wisma Atlet Kemayoran untuk menjadi Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, yakni tower 1,3,6 dan 7.

Pada Tower 7 akan dimanfaatkan sebagai Rumah Sakit Utama yang terdiri dari IGD, ICU dan Ruang Rawat Inap.

Kemudian Tower 6 akan digunakan untuk menampung pasien apabila pasien melonjak pada Tower 7. Sebanyak 700 pekerja lebih dikerahkan oleh Kementerian PUPr bersama kementerian terkait lainnya, guna menyelesaikan pembangunan RS tersebut.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda