Wow, Taman Terapung di Rotterdam Ini Terbuat dari Sampah Plastik

Tim Recycled Island memasang perangkap di sepanjang Sungai Meuse untuk mengumpulkan limbah. Kemudian, sampah plastik tersebut dikumpulkan dan diubah menjadi platform untuk taman terapung.

Taman Apung dari sampah plastik-RumahHokie.com-inhabitat
Banyak masyarakat yang memanfaatkan taman apung yang terbuat dari daur ulang sampah plastik tersebut menjadi area berkumpul. (Foto : Inhabitat)

RumahHokie.com (Rotterdam) – Pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah plastik menjadi permasalahan krusial di berbagai negara dan semakin mengkhawatirkan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah inovasi dan solusi nyata untuk menanggulangi gangguan tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Recycled Island Foundation pada Sungai Meuse di Rotterdam, Belanda. Mereka telah membuat prototipe taman apung yang terbuat dari tumpukan sampah plastik yang sudah diolah.

Recycled Island mengumpulkan sampah plastik seluas 92.903 meter persegi, untuk mendapatkan kesempatan kedua menjadi barang yang berguna kembali.

Baca Juga : Gedung Bersejarah di Brooklyn Beralih Fungsi Jadi Apartemen Mewah

Dilansir dari laman Inhabitat, lembaga lingkungan itu berkolaborasi dengan 25 mitra membangun sebuah taman apung yang asri dengan memanfaatkan sampah plastik daur ulang sebagai bahan pembuatnya.

Tim Recycled Island memasang perangkap di sepanjang Sungai Meuse untuk mengumpulkan limbah. Kemudian, sampah plastik tersebut dikumpulkan dan diubah menjadi platform untuk taman terapung.

Taman apung di Sungai Meuse, Rotterdam, terbuat dari platform mengambang yang terbuat dari daur ulang sampah plastik. (Foto: Inhabitat

Dalam prosesnya, tim perancang taman apung mengirimkan sampah plastik yang telah terkumpul ke Universitas Wageninge untuk didaur ulang dengan cara yang efektif serta baik kualitasnya.

Hasilnya, produk olahan daur ulang sampah plastik itu tidak hanya menjadi produk dengan fungsi yang baru, akan tetapi platform apung yang juga berfungsi sebagai habitat satwa liar dan tanaman air.

Platform yang digunakan pada taman apung itu dapat menjadi media tanam bagi tumbuhan, baik pada sisi atas maupun bawahnya.

Baca Juga : Dapur Mengapung Pertama di Dunia Akan Hadir di Dubai

Dengan begitu, memungkinkan tanaman hijau tumbuh subur di atas platform, menyediakan habitat yang mampu mempertahankan kehidupan laut dan mendorong ikan untuk bertelur di bawah medium itu.

Walaupun masih berbentuk prototipe, taman apung itu telah menjadi ruang terbuka hijau yang dimanfaatkan masyarakat Rotterdam sebagai area berkumpul.

Menurut laporan yang dihimpun oleh Kementerian Infrastruktur dan Lingkungan Belanda,
lebih dari 1.000 meter kubik sampah plastik yang berasal dari Sungai Meuse diangkut setiap tahunnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda