Wow, Ternyata Akar Jati Bisa Disulap Jadi Furnitur Fungsional

Karena memiliki serat kayu yang padat, kuat dan sulit rapuh, akar jati dapat dibentuk sedemikian rupa. Menariknya, komponen kayu ini dapat dibentuk semenarik mungkin.

bentuk akar dapat diolah menjadi meja, kursi ataupun etalase penyimpan aksesori penghias ruang. Foto: akarjati.files.wordpress.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagi sebagian orang, akar pohon hanyalah sampah atau barang tak layak pakai yang dibiarkan begitu saja. Ditangan yang kreatif dan berjiwa seni, bongkahan akar bisa disulap jadi elemen ruang yang menarik.

Lewat sentuhan dekorasi seni, akar pohon dapat difungsikan sebagai penghias ruang. Akar kayu jati misalnya. Selain material ini dikenal kokoh, rambatannya cukup estetis untuk diolah menjadi produk berkualitas dan unik.

Memanfaatkan akar menjadi elemen ruang nan fungsional adalah sesuatu hal yang bisa menjadi inspirasi. Bisa jadi, olahan bentuknya dapat menciptakan nilai jual yang tinggi.

Baca juga: Ingin Rumah Aman Saat Lebaran, Gandakan Kunci Pengaman

Umumnya bentuk akar dapat diolah menjadi meja, kursi ataupun etalase penyimpan aksesori penghias ruang. Adapun membuat bongkahan akar tersebut butuh keterampilan seni.

Untuk menghasilkan sesuatu yang fungsional, sebisa mungkin bentuk yang diciptakan mampu menonjolkan keunikan. Misalnya saja, meja pada ruang keluarga.

Karena memiliki serat kayu yang padat, kuat dan sulit rapuh, akar jati dapat dibentuk sedemikian rupa. Menariknya, komponen kayu ini dapat dibentuk menjadi susunan kursi dan meja yang menawan.

Sebagian pengrajin di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur bahkan banyak memanfaatkan bentuknya menjadi ukiran elemen penghias dinding.

Butuh Keterampilan Khusus
Bagi mereka yang memiliki jiwa seni, akar kayu jati memiliki karakter, bentuk dan struktur akar atau urat-urat yang berpotensi untuk memperkaya olahan estetis yang dapat ditempatkan sebagai pelengkap ruang.

Pada tahap pengerjaan bentuknya, pengrajin pun tidak sembarang mengolahnya, mereka harus jeli membaca dan melihat kayu tersebut.

Biasanya untuk menghasilkan bentuk yang unik, pengerjaannya harus mengikuti karakter akar juga urat kayunya. Kalau guratan akarnya menyerupai mangkuk, maka bentuknya dapat diolah menjadi kursi atau meja.

Proses finishing yang menyita waktu adalah pengamplasan. Tahap ini membutuhkan waktu agak lama. Proses ini merupakan salah satu cara untuk menghasilkan sesuatu yang menarik.

Melalui proses tersebut, sebuah produk akan terlihat semakin menarik. Buat mereka yang menyukai seni ukiran jati, bongkahan akar menjadi buruan layaknya harta karun.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda